Rumbia, Proses seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bombana tuntas dilaksanakan. Panitia seleksi berhasil menyelesaikan sederet tugas, wewenang dan tanggung jawab sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Ketiga calon Sekda yang masuk nominasi tiga besar masing-masing Drs. Man Arfa, M.Si yang saat ini sedang menjabat Inspektur Inspektorat Kabupaten Bombana, Drs. Basiran, M.Si saat ini masih aktif sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Utara, dan  H. Pajawa Tarika, S.Pd menjabat sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kabupaten Bombana.

Pengumuman peserta yang dinyatakan lulus presentasi dan wawancara seleksi terbuka JPTP Sekda dituangkan dalam surat dengan nomor 25/JPTP/III/2020 tanggal 21 Maret 2020.

Dalam suratnya Ketua Pansel Drs. La Ode Ahmad P.B, AP., M.Si mencantumkan peringkat dan nilai yang diperoleh masing-masing kandidat dari tahapan proses akhir seleksi ini. Nama Drs. Man Arfa menduduki peringkat pertama dengan nilai 463, disusul Drs. Basiran, M.Si peringkat kedua dengan nilai 437, dan H. Pajawa Tarika, S.Pd peringkat ketiga dengan nilai 384. Ketiga nama tersebut akan disampaikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk dipilih menjadi Jenderal Pegawai Negeri Sipil di wonua Bombana, selanjutnya akan diusulkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan persetujuan pelantikan.

Pansel Umumkan Hasil akhir seleksi JPTP Sekda