PANSEL UMUMKAN CALON SEKDA BOMBANA LULUS ASSESSMENT TEST

Rumbia, Beberapa hari yang lalu tepatnya Rabu, (12/02/2020) Tim Assessor Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat telah usai melaksanakan Assessment Test Calon Sekda Bombana, Assessment tersebut dilaksanakan dalam rangka menggali potensi dan kompetensi yang dimiliki Calon Sekda untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi dari jabatan sebelumnya.

Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) untuk posisi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bombana saat ini menyisahkan empat Calon Sekda yang akan lanjut tahap Penulisan Makalah dan Wawancara. Hal ini sesuai dengan Keputusan Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana Nomor 10/ JPT.P/II/2020 tanggal 25 Februari 2020.

Berikut nama-nama Calon Sekda yang dinyatakan lulus Assessment Test yakni :

NO URUT NOMOR PESERTA NAMA NILAI
1. 5 Drs. MAN ARFA, M.Si 35,90
2. 1 Drs. BASIRAN, M.Si 33,60
3. 4 H. PAJAWA TARIKA, S.Pd 31,90
4. 6 ASIS FAIR, S.Sos 29,50

Rusman Idja, S.Pd., M.Si, Kepala BKPSDM Kab. Bombana, menuturkan bahwa Assessment Test yang dilakukan beberapa waktu yang lalu sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dengan merujuk kepada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 2017 tentang Kompetensi Pemerintahan serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.

Menurutnya, Peserta yang lulus Assessment Test adalah Putra terbaik yang telah memenuhi standar kompetensi manajerial, teknis, sosiokultural dan kompetensi pemerintahan, selanjutnya peserta tersebut akan mengikuti tahap Penyusunan Makalah dan wawancara sesuai timeline yang sudah ditentukan.

“Saat ini telah terjadi perubahan paradigma manusia dalam organisasi dari sebagai Human Resources menjadi Human Capital, efektivitas organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya sehingga peningkatan kualitas dan kinerja harus terus dilakukan, salah satunya untuk mengisi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Kab. Bombana dilakukan tes kompetensi”, kata Rusman Idja, S.Pd., M.Si  yang juga mantan Asisten I ini.

Kepala Bidang Diklat, Mutasi, Promosi dan Pengembangan BKPSDM Kab. Bombana, Akbar, S.Hi mengatakan, Keputusan Pansel JPTP Sekda Kab. Bombana untuk menetapkan empat Calon Sekda yang dapat mengikuti proses selanjutnya pada Tahap Penulisan Makalah dan Wawancara adalah berdasarkan hasil Assessment Test dan penelusuran Tim Assesssor dalam menganalisa, melakukan uji psikometri berbasis IT dan manual, maupun program kerja yang akan dilakukan peserta kedepannya ketika menjabat Sekda. Ungkapnya.

“pada tahap Penulisan Makalah dan Wawancara yang akan dilaksanakan senin, (02/03/2020) masih terdapat  satu peserta yang akan gugur, untuk memperebutkan nomor urut satu, dua dan nomor urut tiga. Siapapun yang masuk namanya untuk diusulkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), mereka itu adalah putra-putra terbaik yang kita miliki saat ini yang akan menjadi Jenderal PNS di Lingkup Pemkab Bombana”. Tuturnya.

PANSEL UMUMKAN CALON SEKDA BOMBANA LULUS ASSESSMENT TEST